Seorang guru/instruktur/dosen harus memiliki kemampuan yang baik
dalam menyampaikan materi yang diajarkannya, bila tidak… maka yang terjadi
adalah siswa/mahasiswa akan kurang faham, tidak menyukai mata pelajaran
tersebut atau bahkan anda sendiri sebagai pengajar tidak disukai. Tidak pelit
nilai mungkin hal yang bijak sebagai seorang pengajar dan tentunya anda akan
menjadi pengajar favorit dikelas, tetapi hal ini tidak mendidik dan merugikan
siswa yang anda didik. Berikut ini ada beberapa tips yang biasa saya lakukan
bila menyampaikan materi dikelas :
Sebelum Menyampaikan Materi :
1.
Pelajarilah kembali
materi yang akan disampaikan dan buatlah rangkuman atau point-point penting
pada materi tersebut, karena mungkin anda banyak mengajar mata pelajaran
lainnya maka terkadang sudah agak lupa dengan materi ini sehingga perlu
dipelajari lagi agar lebih siap.
2.
Buatlah diktat atau
rangkuman yang dapat di fotocopy atau disalin oleh siswa, sehingga kita tidak
perlu merujuk banyak buku kepada siswa. Hal ini juga memudahkan siswa sehingga
ia tidak perlu banyak membeli buku. Apabila mata pelajarannya eksak/hitungan,
buatlah rangkuman rumus kepada siswa.
3.
Siapkan soal-soal
latihan sebanyak-banyaknya dan dibagi menjadi kategori ringan, sedang, dan
susah. Rangkum semua soal tersebut dalam satu buku atau file dan buat memo
disetiap soal tersebut… memo ini dibuat agar anda tahu kapan anda pernah
memberikannya kepada siswa dan pada kelas berapa, sehingga soal yang sudah
diberikan tidak disampaikan lagi pada pertemuan berikutnya.
4.
Milikilah absen siswa
anda, dan buatlah tabel nilai dan presentase kemajuan siswa. Hal ini berguna
agar anda dapat mengetahui apakah materi anda telah diserap dengan baik oleh
siswa dan siswa mana yang perlu anda bimbing lebih ekstra agar nilainya tidak
jatuh.
Saat di Kelas :
1.
Buatlah suasana yang
menarik dan tidak membosankan, untuk itu anda harus banyak latihan agar cara
berbicara, sikap, dan metode ajar anda dapat diterima dengan baik oleh siswa.
Menjadi guru yang garang dan terlalu disiplin terkadang akan membentuk siswa
yang keras juga, untuk itu buatlah siswa takut karena hormat kepada anda dan
bukan takut karena hukuman anda. Pernah ada siswa yang sangat nakal, namun ia
justru malu dan takut dengan salah satu guru yang sangat dihormatinya. Berikan
perhatian anda dengan penuh kasih sayang, bukan mencari kesalahan mereka..
2.
Buatlah quiz di awal
dan akhir penyampaian materi, bila waktu tidak memungkinkan lakukan hanya di
akhir materi bukan diawalnya… hal ini dapat menjadi indikator apakah materi
yang telah disampaikan sudah diterima dengan baik oleh siswa. Saya banyak
mengalami quiz dilakukan hanya di awal materi, hal ini hanya membuang waktu dan
tidak efisien karena secara logika tentunya siswa belum mengetahui materi yang
akan disampaikan. Kalo soal quiznya materi hari kemaren itu namanya ulangan…
jadi perlu bedakan antara quiz dengan ulangan yach…
3.
Sampaikan materi
dengan menyampaikan point-point pentingnya saja, jangan terlalu banyak
bertele-tele atau terlalu banyak bercerita yang bukan dalam ruang lingkup
materi anda. Untuk materi eksak, perbanyaklah contoh soal… sampaikan perlahan
dan buat agar siswa juga sama2 ikut berfikir.
4.
Lakukan sistem ajar
yang lebih interaktif berupa tanya jawab, pancinglah siswa agar banyak
bertanya. Selain itu ada juga perlunya anda bersenda gurau disela-sela
penyampaian materi agar tidak terlalu tegang.
5.
Pekerjaan Rumah (PR)
dapat anda berikan setiap akhir penyampaian materi, namun bila ternyata itu
tidak efektif misalnya banyak yang tidak mengerjakan atau ternyata banyak yang
saling mencontek pekerjaan teman2nya sebaiknya metode PR nya anda ubah misal
dengan beda soal tiap siswa atau cara lainnya.
6.
Anda perlu melakukan
evaluasi terhadap cara anda mengajar, ini bisa dilakukan dengan memberikan
questioner pada siswa terhadap cara mengajar anda.
7.
Anda juga dapat
melakukan quiz interaktif, yaitu dengan membaca soal satu persatu dan mahasiswa
langsung menjawab.. anda berikan waktu yang terbatas untuk menjawab soal
tersebut. Misal bacakan soal no. 1 kemudian langsung dijawab oleh siswa,
setelah itu bacakan soal no.2 kemudian siswa menjawab, demikian seterusnya…
metode ini membuat siswa berfikir cepat dan tidak dapat mencontek.
Selamat mengabdi, didiklah anak kita untuk kemajuan bangsa
dimasa yang akan datang… Semoga Bermanfaat.